Senin, 29 April 2013

Apa Itu Bloatware pada Android?

Apa itu bloatware? Satu lagi istilah pada Android yang mungkin banyak yang masih belum mengetahui apa artinya. Istilah ini sendiri sebenarnya sudah ada sebelum era kejayaan sistem operasi Android. Saya pun sempat bingung apa perbedaan antara software, malware, ataupun bloatware hingga saya memutuskan untuk mencari tau dengan bertanya kepada para master Android yang saya kenal.

Bloatware adalah beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstall pada perangkat atau device tertentu (termasuk pada devcie Android) yang sangat jarang digunakan bahkan bahkan cenderung tidak berguna bagi pemakai device tersebut. Biasanya bloatware ini diinstal oleh vendor pembuat perangkatnya untuk kepentingan tertentu, misalnya kontrak dengan pihak - pihak yang berkepentingan dengan vendor tersebut (biasanya kontrak dengan operator seluler atau yang lainnya)

Apakah bloatware berbahaya bagi gadget Android? Tentu saja tidak. Namum banyak pengguna termasuk saya yang merasa terganggu dengan banyaknya bloatware pada perangkat Android yang saya gunakan karena selain tidak berguna, aplikasi (bloatware) tersebut membuat ruang penyimpanan internal (internal memory) pada device semakin sesak, dan itulah mengapa aplikasi seperti ini disebut bloatware (aplikasi yang membuat penyimpanan menjadi "kembung" atau bloating).

Lalu apakah bloatware pada Android bisa dihapus? Tentu saja bisa. Anda bisa menghapus atau meng-uninstall nya dengan cara biasa. Namun beberapa dari aplikasi tersebut dikategorikan sebagai aplikasi sistem (system app) sehingga anda tidak bisa menghapusnya dengan cara biasa. Namun anda tetap dapat menghapus aplikasi sistem tersebut.

Bagaimana cara menghapus aplikasi sistem? Syarat utama untuk dapat menghapus aplikasi tersebut adalah perangkat atau gadget Android anda harus sudah di root, lalu install aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi sistem tersebut. Nah untuk cara lengkapnya, silahkan anda baca pada halaman cara memaksimalkan internal memory dengan Link2SD. Nah itu adalah semua informasi tentang bloatware yang saya tau dan bisa saya bagikan ke pemirsa sekalian. Mungkin ada beberapa kekurangan dalam informasi yang saya berikan, dan jika ada kesalahan mohon untuk dikoreksi. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar